detail blog

Jawa Timur, 25 Mar 2022

www.gm-fkppi.onlie, BATU – Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto meminta para kader GM FKPPI untuk konsisten menguatkan literasi digital. Hal tersebut ia sampaikan di acara Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) II PD XIII GM FKPPI Jawa Timur digelar di Hall Hotel Ciptaningati, Kota Batu, Jumat (25/3/2022).

"Saat ini kita tidak bisa menghindari perkembangan dunia teknologi. Bahkan ada yang mengatakan, lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan hp," ungkapnya.

Informasi yang berkembang saat ini berjalan dengan sangat cepat dengan situasi yang realtime. Satu sisi, hal ini menjadi peluang dan juga sekaligus menjadi ancaman bagi generasi bangsa.

Selain itu, lanjut Pangdam, kondisi literasi digital generasi bangsa masih relatif rendah. Literasi digital adalah pemahaman tentang dunia digital. 

"Pertanyaannya apa semua informasi yang masuk itu benar? Pastinya tidak semua benar. Pasti ada yang salah atau hoaks. Namun juga tidak semua salah. Diteliti dulu jangan langsung dishare supaya tidak tidak menjadi bagian dari penyebar informasi tidak benar," pesannya. 

Dengan demikian, Pangdam menyebutkan bahwa GM FKPPI harus hadir menyikapi fenomena perkembangan teknologi ini. Salah satu caranya adalah menguasai teknologi. 

"Saya yakin yang muda ini penguasaan teknologinya lebih baik daripada yang tua. Manfaatkan medsos dengan baik. Kuatkan literasi digital," pungkasnya. 

Selain Pangdam V Brawijaya, dalam kegiatan Rapimda PD XIII GM FKPPI Jatim di Kota Batu ini, hadir Aster KASAD Mayjen TNI Achmad Marzuki, Komandan Lanud Abdurrahman Saleh Marsma TNI Zulfahmi SSos MHan serta Ketua Dewan Pertimbangan Pusat GM FKPPI Periode 2019-2024 sekaligus Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah, Ketua Umum GM FKPPI Dwi Rianta Soerbakti, Ketua Umum PD XIII GM FKPPI Jawa Timur Ir R Agoes Soerjanto serta perwakilan dari pengurus cabang di kab/kota Jawa Timur. (*)

Berita Lainnya